Apa itu Web ?

Website atau biasa disebut Web  adalah kumpulan dari halaman-halaman situs yang terangkum dalam sebuah domain atau subdomain yang berada di dalam World Wide Web (WWW) yang diakses melalui jaringan internet. World Wide Web atau WWW adalah gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik. Sehingga WWW merupakan tempat pengaksesan dari semua situs Web yang ada.

Sebuah halaman web biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language) yang diakses melalui HTTP (Hyper Text Transfer Protokol), yaitu sebuah protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser.

Sejarah Web

Penemu situs web adalah Sir Timothy John "Tim" Berners-Lee, sedangkan situs web yang tersambung dengan jaringan pertamakali muncul pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip risetnya untuk keperluan pribadinya. Sistem itu adalah program piranti lunak yang diberi nama Equire. Dengan program tersebut terciptalah jaringan yang terkait antara berbagai arsip sehingga memudahkan informasi. Inilah yang kemudian menjadi dasar dai revolusi web.

Pada tanggal 30 April 1993, tempat Berners-Lee bekerja, yaitu CERN (Organisation EuropĂ©ene pour la Recherche NuclĂ©aire) mengumumkan bahwa World Wide Web dapat digunakan secara gratis oleh publik.

Deskripsi

Supaya bisa berkomunikasi dengan semua komputer yang tersambung ke Internet, digunakan sebuah protokol komunikasi yang menggunakan TCP/IP (Transmission control protocol/Internet Protocol). Setiap komputer yang terhubung ke Internet mempunyai sebuah alamat, misalnya 192.168.14.96. Untuk memperoleh informasi atau data di Internet, kita dapat mengaksesnya dengan mengetikkan suatu alamat web pada address bar. Alamat suatu situs di Internet disebut nama domain. Jadi nama domain adalah alamat permanen situs didunia Internet yang digunakan untuk mengidentifikasikan sebuah situs. Dengan kata lain Domain Name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan suatu situs pada Internet.

Kaitannya dengan protokol komunikasi TCP/IP, nama domain dapat diibaratkan seperti buku telepon, kita menggunakan sebuah nomor untuk memanggil seseorang. misalnya ketika kita mengekses situs www.wikipedia.com maka penjelajah web Internet Explorer akan menghubungi sebuah IP misalnya 202.68.0.134.

Istilah umum dan nama domain adalah URL (uniform resource locator) yang merupakan sarana untuk menentukan alamat yang akan dipakai untuk mengakses Internet. Alamat URL merupakan alamat khusus untuk file tertentu yang bisa diakses oleh Internet. Alamat URL mencangkup semua jenis file lain yang bisa diakses oleh Internet, misalnya file html, zip, rar, jpg, gif, dan png.

Alamat URL yang lengkap adalah sebagai berikut: Protokol://nama-host/path/nama file
1. Protokol menunjukan jenis protokol yang akan digunakan, yaitu http, ftp, dan sebagainya.
2. Nama host adalah nama host (domain) yang dipanggil.
3. Path adalah lokasi atau direktori tempat file-file diletakan pada web server.
4. nama file adalah nama file yang dipanggil.

Contoh: http://www.wikipedia.co.id/artikel/ensiklopedia.htm
1. URL diatas menggunakan protokol http
2. Nama domain adalah www.wikipedia.co.id
3. Path atau direktori yang dituju adalah artikel
4. Nama file yang diakses adalah ensiklopedia.htm

Secara garis besar, situs web bisa digolongkan menjadi 3 bagian yaitu:
1. Situs web statis
2. Situs web dinamis
3. Situs web interaktif

Jaringan Internet

Jaringan merupakan sekumpulan komputer yang dapat saling berhubungan antara satu dengan lainnya dengan menggunakan media komunikasi, sehingga dapat saling berbagi data, informasi, program, dan perangkat keras (printer, harddisk, webcam, dsb). Tujuan jaringan Untuk memudahkan pengguna komputer untuk saling berbagi sumber daya yang terdapat di jaringan seperti printer, file/ data dan sebagainya.

Internet merupakan bagian pengembangan dari WAN atau Wide Area Networking. Internet adalah singkatang dari interconnected networking yang berarti jaringan besar yang terbentuk dari jaringan-jaringan yang dapat menghubungkan manusia diberbagai belahan dunia dan saling terhubung.Jaringan-jaringan komputer tersebut saling berkomunikasi melalui gateway. atau terkadang disebut dengan router.  Jaringan kecil yang terhubung tersebut lazim disebut dengan subnetwork.  Sebagian besar dari jaringan tersebut berbicara dengan protocol TCP/IP.

Jenis-jenis jaringan

A. Jaringan Berdasarkan Hubungan fungsional
  1. Jaringan Feer-to-Feer : Kedudukan setiap komputer yang terhubung dalam jaringan adalah sama. Tidak ada komputer yang menjadi pelayan utama (server). Sehingga semua komputer dalam jaringan dapat saling berkomunikasi dan berbagi penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak.
  2. Jaringan Client Server : Pada jaringan client-server terdapat sebuah komputer yang mengatur semua fasilitas yang tersedia dalam jaringan komputer, sepertikomunikasi, penggunaan bersama perangkat keras dan perangkat lunak serta mengontrol jaringan. Komputer ini dinamakan server. Semua komputer lain selain server disebut client.
B. Jaringan Berdasarkan Area Jaringan
  1. Local Area Network (LAN) : merupakan jaringan komputer dengan ruang lingkup terbatas (area lokal). Tipe jaringan ini banyak dipakai pada gedung perkantoran, warnet, Lab komputer sekolah, rental komputer,dsb
  2. Metropolitan Area Network (MAN) : merupakan jaringan komputer dengan ruang lingkup yang cukup jauh. Tipe inidigunakan untuk membangun jaringan komputer antar gedung, dalam satu kota, atau antar kota yang berada pada jangkauannya. Jaringan in biasanya digunakan oleh perusahaanperusahaan besar seperti perbankan, BUMN, dll.
C. Jaringan Berdasarkan Metode Koneksinya
  1. Jaringan Berkabel : Jaringan yang menggunakan kabel untuk menghubungkan anggota anggota jaringan.
  2. Jaringan Nirkabel (Wireless) : Jaringan yang menggunakan gelombang radio untuk koneksi antar anggota jaringan.


Topologi Jaringan

Topologi jaringan merupakan Topologi jaringan merupakan diagram yang mewakili cara komputer terhubung dalam jaringan.

Macam-macam topologi jaringan :

1. Star Topology (Topologi Bintang)
Star Topology (Topologi Bintang) merupakan sekumpulan komputer yang dihubungkan dengan komputer yang berada pada pusat konfigurasi yang berbentuk bintang yang berperan sebagai pengontrol komunikasi dan memberikan layanan   bagi komputer lain.

2. Ring Topology (Topologi Cincin)
Ring Topology (Topologi Cincin) merupakan sekelompok komputer yang saling terhubung dan membentuk konfigurasi cincin, dimana salah satu berperan sebagai server.

3. Bus Topology (Topologi Bus)
Bus Topology (Topologi Bus) merupakan sekumpulan komputer yang saling terhubung pada kabel khusus (bus), dimana salah satu komputer berperan sebagai server.

4. Tree Topology (Topologi Pohon)
Tree Topology (Topologi Pohon) merupakan sekumpulan komputer yang saling terhubung dan membentuk konfigurasi pohon.

Perangkat Jaringan Komputer

1. Modem
Modem merupakan device yang mampu membuat komputer terkoneksi dengan internet melalui jalur telepon standar.

2. Hub
Hub merupakan sarana network yang digunakan untuk memperkuat transmisi sinyal pada suatu jenis workstation tertentu.

3. Repeater
Repeater merupakan piranti elektronik yang bertugas menerima sinyal kemudian meneruskannya pada level yang lebih tinggi atau dengan daya yang lebih besar.

4. Router
Router merupakan piranti jaringan yang bertugas menforward paket data sepanjang jaringan menggunakan header dan tabel forwarding, sehingga rute terbaik untuk     transportasi data.

5. Network Interface Card (NIC)
Network Interface Card (NIC) merupakan circuit board yang memberi kemampuan komunikasi jaringan ke komputer-komputer personal yang terpasang pada motherboard.

6. Bridge
Bridge merupakan jaringan yang digunakan untuk memperluas atau memecah jaringan.

7. Kabel dan konektor

Kabel dan konektor merupakan kabel jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer ke komputer yang lain.



Referensi

Stuart McClure, saumil shah, and shreeraj shah, “pengertian web,sejarah web,dan web hosting” ,Adission,.2005

Wihrsono Kurniawan "jaringan komputer"Andi 2007
Indriati pranoto and sri artini, “fun learning information & communication technology 5” grafindo media pratama 2014

Hendi hudaya, agus tukiman, gina isyaora “teknik computer jaringan seri b” cv armico 2010

Hendi hudaya, agus tukiman, gina isyaora “teknik computer jaringan seri c” cv armico 2010


Supriyanto “teknologi informasi dan komunikasi”Yudhistira 1430 H

http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web#Sejarah

{ 1 komentar... read them below or add one }

- Copyright © - TeKaJe DotCom - Powered by Blogger - Designed by Tekaje Dotcom -