Archive for Agustus 2015


Kendali Proses

Untuk mengatur arus program, pemrograman java menyediakan struktur perulangan (looping), kondisional, percabangan, dan lompatan.

Program Percabangan

Program percabangan merupakan operasi dasar dari algoritma. Operasi dasar ini banyak dipakai di dalam program. Operasi dasar algoritma percabangan merupakan instruksi yang pertama kali harus dipelajari pemula dalam belajar pemrograman. Dalam pertemuan kali ini akan dibahas if sederhana (if tunggal), if majemuk (if..else).

Percabangan if Sederhana (Tunggal)

Perintah if akan dieksekusi jika hasil dari ekspresi bernilai benar, dengan format :
if (boolean expression) {
          statement(s)}
Perintah if...else... akan dieksekusi dengan ketentuan jika kondisi benar akan menjalankan blok statement berikutnya, dan jika salah akan menjalankan blok statement setelah else, dengan format :
if (boolean expression) {
          statement(s) }
else {
          statement(s) }
Contoh Program :
class ContohIF1{
      public static void main (String args[ ]){
           int Angka = 36;
           if (Angka%2 == 0) System.out.print("Bilangan Genap\n");
           else System.out.print("Bilangan Ganjil\n");
           System.out.print("SELESAI\n");
      }
}

Output :
Bilangan Genap
SELESAI

Contoh Program GUI :
//Perintah IF dengan menggunakan JoptionPane
import javax.swing.JOptionPane;

class contohIF2{
      public static void main (String args[]){
           String ANGKA;
           int angka;

           //memasukan sebuah angka dengan input dialog
           ANGKA = JOptionPane.showInputDialog("MASUKKAN ANGKA : ");

           //mengkonversi angka dari string ke integer
           angka = Integer.parseInt(ANGKA);
           if (angka%2 == 0) System.out.print(angka + " Bilangan Genap\n");
           else System.out.print(angka + " Bilangan Ganjil\n");
           System.out.print("SELESAI\n");
      }
}
Output :

36 Bilangan Genap
SELESAI

Percabangan if Majemuk ( if..else)

If majemuk merupakan instruksi. Jika kondisi dipenuhi maka mengerjakan aksi setelah if, sebaliknya mengerjakan aksi setelah else. Bentuk umum if sederhana seperti di bawah ini. Perintah if...else if... mempunyai format penulisan :
if (boolean expression) {
          statement(s) }
else if (boolean expression) {
          statement(s) }
else if (boolean expression) {
          statement(s) }
else { statement(s) }

Contoh:
import javax.swing.JOptionPane;

class IndexMhs{
      public static void main(String []args){
           String NILAI;
           int nilai;
           NILAI = JOptionPane.showInputDialog("MASUKKAN NILAI [0-100] : ");
           nilai = Integer.parseInt(NILAI);

           if(nilai100){ System.out.println("Nilai harus diantara 0-100");
           System.exit(0); }

           if (nilai >=85){ System.out.println("Nilai : " +nilai + " - Index = A"); }
           else if(nilai >=75){System.out.println("Nilai : " +nilai + " - Index = B"); }
           else if(nilai >=55){ System.out.println("Nilai : " +nilai + " - Index = C"); }
           else if(nilai >=45){ System.out.println("Nilai : " +nilai + " - Index = D"); }
           else { System.out.println("Nilai : " +nilai + " - Index = E"); }
      }
}
Output:

Nilai : 95 - Index = A


Kembali ke Tata Bahasa.
Lanjut ke Pernyataan Nested IF.


Referensi: Materi Pelajaran AP1B oleh Indra Purnama

Percabangan IF

Pemrograman Java adalah kumpulan spasi, komentar, kata kunci, identifier, operator, dan pemisah.
Contoh :
//First Program in Java
//Display multiple line

class helloworld{
public static void main (String[] args){
          System.out.print("Welcome to Java\nHello World");
          }
}
Output :
Welcome to Java
Hello World

Contoh GUI :
//First Program in Java
//Display multiple line
import javax.swing.JOptionPane; //Import package JOptionPane
 
class helloworld{
     public static void main (String[] args){
          JOptionPane.showMessageDialog(null,"Welcome to Java\nHello World");
          System.exit(0); //Terminate the program
     }
}
Output :

SPASI

Java adalah bahasa bebas bentuk. Tidak perlu mengatur tata letaknya agar dapat bekerja. Asalkan ada sekurang-kurangnya satu spasi, tab, atau baris baru diantara setiap token sebelum disisipi operator atau pemisah lain.

KOMENTAR

Ada beberapa bentuk:
  1. Komentar baris tunggal, diawali dengan tanda  //  dan diletakkan diakhir baris yang diberi komentar.
  2. Komentar baris banyak, diawali dengan tanda  /*  dan ditutup dengan  */  semua diantara kedua tanda tersebut dianggap komentar dan diabaikan oleh kompiler.
    Contoh penulisan:     /*
                                  *komentar...
                                  *komentar...
                                  */
  3. Komentar terdokumentasi, menggunakan piranti Javadoc, yang menggunakan komponen kompiler Java untuk secara otomatis menghasilkan dokumentasi antarmuka public suatu class. Aturan pembuatan komentar yang dapat diolah oleh Javadoc adalah : sebelum deklarasi class, method, dan variabel public harus digunakan komentar bertanda  /**  untuk menyatakan komentar dokumentasi, diakhiri dengan tanda  */.  Javadoc akan mengenali sejumlah variabel khusus yang didahului dengan tanda @ didalam bagian komentar.
    Contoh penulisan:     /**
                                  *komentar...
                                  *komentar...
                                  */

KATA KUNCI

Sampai dengan versi 1.0 terdapat 59 kata kunci seperti terlihat dalam tabel:

IDENTIFIER & VARIABEL

Identifier digunakan untuk nama class, method, dan variabel. Variabel adalah satuan dasar penyimpanan dalam program Java. Suatu variabel didefinisikan dengan kombinasi identifier, tipe, dan cakupan. Bergantung pada tempat dideklarasikannya, variabel dapat bersifat lokal atau sementara, misalnya didalam perulangan for, atau dapat juga berupa variabel instans yang dapat diakses oleh semua method dalam class. Cakupan lokal dinyatakan dalam kurung kurawal.

Dengan aturan dasar penamaan:
  1. Berupa urutan tertentu (besar atau kecil), angka, garis bawah, dan tanda dolar.
  2. Tidak boleh diawali dengan angka.
  3. Bersifat case sensitive.
  4. Tidak boleh menggunakan operator.
  5. Tidak boleh menggunakan keyword / kata kunci

LITERAL

Besaran konstanta pada Java dihasilkan dengan menggunakan literal yang mewakilinya. Setiap literal merepresentasikan nilai suatu tipe, dimana tipe itu sendiri menjelaskan bagaimana sifat nilai tersebut dan bagaimana penyimpanannya.

SEPARATOR (Pemisah)

TIPE DATA

Ada 8 tipe data primitif dalam Java, yaiut:

Konversi antar Nilai Numerik

          Operasi biner apapun pada variabel numerik dengan tipe yang berbeda dapat diterima dan diperlakukan dengan cara seperti dibawah ini:
  1. Jika tipe operand adalah double, maka yang lain juga akan diperlakukan sebagai double pada lingkup operasi tersebut.
  2. Jika operand adalah float, maka yang lain juga akan diperlakukan sebagai float.
  3. Jika operand adalah long, maka yang lain juga akan diperlakukan sebagai long.
Konversi yang diijinkan adalah sebagai berikut:
byte --> short --> int --> long --> float --> double

Dimana dapat diberikan nilai variabel suatu tipe disebelah kiri ke tipe disebelah kanannya.

OPERATOR

Aritmetic Operators

Operators Increment / Decrement

Relational Operators

Conditional Operators

Shift Operators

Logical Operators

Assignment Operators

Other Operators

Contoh Program Perkalian.Java

/**
*
*@author
*/

import java.util.Scanner;
public class perkalian{
          public static void main (String[] args){
                    Scanner.input = new Scanner(System.in);
                    System.out.print("
Masukkan bilangan pertama: ");
                    int bilangan1 = input.nextInt();
                    System.out.print("
Masukkan bilangan kedua: ");
                    int bilangan2 = input.nextInt();
                    System.out.print("
Hasil perkalian: " + (bilangan1 * bilangan2));
          }
}
Hasil Output:

Masukkan bilangan pertama: 5
Masukkan bilangan kedua: 2
Hasil perkalian: 10


Kembali ke Instalasi Java.
Lanjut ke Percabangan IF.


Referensi: Materi Pelajaran AP1B oleh Indra Purnama

Tata Bahasa Java

- Copyright © - TeKaJe DotCom - Powered by Blogger - Designed by Tekaje Dotcom -