Java menurut definisi dari Sun Microsystem adalah nama untuk sekumpulan teknologi yang membuat perangkat lunak dan menjalankan perangkat lunak pada komputer standalone ataupun pada lingkungan jaringan. Java2 adalah generasi kedua dari Java platform. Java berdiri di atas sebuah mesin intepreter yang diberi nama Java Virtual Machine (JVM). JVM inilah yang akan membaca bytecode dalam file .class dari suatu program sebagai representasi langsung program yang berisi bahasa mesin. Oleh karena itu bahasa Java disebut sebagai bahasa pemrograman yang portable, karena dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi, asalkan pada sistem operasi tersebut terdapat JVM.

Platform Java terdiri dari sekumpulan library, compiler, debugger dan alat lain yang dipaket dalam Java Development Kit (JDK). Java 2 adalah generasi yang sekarang sedang berkembang dari platform Java. Agar sebuah program Java dapat dijalankan, maka file dengan ekstensi .java harus dikompilasi menjadi file bytecode. Untuk menjalankan file byte-code tersebut dibutuhkan JRE (Java Runtime Environment) yang memungkinkan pemakai untuk menjalankan program Java, hanya menjalankan tidak membuat kode baru lagi. JRE terdiri dari JVM dan library Java yang digunakan.

Platform Java memiliki 3 buah edisi yang berbeda :
  • J2EE (Java 2 Enterprise Edition)
  • J2SE (Java 2 Second Edition)
  • J2ME (Java 2 Micro Edition)
_______________________________________________________

J2EE (JAVA 2 ENTERPRISE EDITION)
_______________________________________________________

J2EE adalah kelompok dari beberapa API (Application Programming Interface) dari Java dan teknologi selain Java. J2EE dirancang untuk membuat aplikasi yang rumit. J2EE sering dianggap sebagai middle-ware atau teknologi yang berjalan di server, namun sebenarnya J2EE tidak hanya terbatas untuk itu. Faktanya J2EE juga mencakup teknologi yang dapat digunakan di semua lapisan dari sebuah sistem informasi.


Implementasi J2EE menyediakan kelas dasar dan API dari Java yang mendukung pengembangan dan rutin standard untuk aplikasi client maupun server, termasuk aplikasi yang berjalan di web browser.
_______________________________________________________

J2SE (JAVA 2 SECOND EDITION)
_______________________________________________________

J2SE adalah inti/ dasar dari bahasa pemrograman Java. JDK (Java Development Kit) adalah salah satu tool dari J2SE untuk mengkom-pilasi dan menjalankan program Java. Tool J2SE yang salah satunya adalah JDK 1.5 dapat diunduh pada http://java.sun.com/j2se/, dimana JDK merupakan tool open source dari Sun.
_______________________________________________________

J2ME (JAVA 2 MICRO EDITION)
_______________________________________________________

J2ME adalah lingkungan pengembangan yang dirancang untuk mele-takan perangkat lunak Java pada barang elektronik beserta perangkat pendukungnya. Pada J2ME, jika perangkat lunak berfungsi baik pada sebuah perangkat, maka belum tentu juga berfungsi baik pada perang-kat yang lainnya.
                                                   
J2ME membawa Java ke dunia informasi, komunikasi, dan perangkat komputasi selain perangkat komputer desktop yang biasanya lebih kecil dibandingkan perangkat komputer desktop. J2ME biasa digunakan pada telepon selular, pager, personal digital assistants (PDA) dan sejenisnya.

J2ME adalah bagian dari J2SE, karena itu tidak semua libraby yang ada pada J2SE dapat digunakan pada J2ME. Tetapi J2ME mempunyai beberapa library khusus yang tidak dimiliki J2SE. Arsitektur J2ME dapat dilihat seperti pada gambar berikut ini


Teknologi J2ME juga memiliki beberapa keterbatasan, terutama jika diaplikasikan pada ponsel. J2ME sangat tergantung pada perangkat (device) yang digunakan, bisa dari segi merek ponsel dan dukungan terhadap teknologi J2ME. Misalnya, jika sebuah ponsel tidak memiliki kamera, maka jelas J2ME pada ponsel tersebut tidak dapat mengakses kamera. Keterbatasan lainnya adalah pada ukuran aplikasi, karena memori pada ponsel sangat terbatas. Sebagian ponsel tidak mengijin-kan aplikasi J2ME menulis pada file, karena alasan keamanan.


Configuration merupakan Java Library minimum dan kemampuan yang dimiliki oleh para pengembang J2ME, maksudnya adalah sebuah moblile device dengan kemampuan Java akan dioptimalkan agar sesuai. Configuration hanyalah mengatur hal-hal tentang kesamaan sehingga dapat dijadikan ukuran kesesuaian antar device. Misalnya sebuah lampu sepeda dapat digunakan oleh berjenis-jenis sepeda.

Dalam J2ME telah didefinisikan dua buah konfigurasi yaitu :
  • CLDC (Connected Limited Device Configuration) Untuk perangkat kecil.
  • CDC (Connected Device Configuration) Untuk perangkat yang lebih besar.

Profile berbeda dengan configuration, profile membahas sesuatu yang spesifik untuk sebuah perangkat. Sebagai contoh misalnya, sebuah sepeda dengan merek tertentu tentu mempunyai ciri spesifik dari sepeda lainnya.

Dalam J2ME terdapat dua buah profile yaitu MIDP (Mobile Information Device Profile) dan Foundation Profile. Keterhubungan antara configuration dan profile yang ada pada J2ME beserta jenis mesin virtualnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini


CLDC (Connected Limited Device Configuration) adalah perangkat dasar dari J2ME berupa library dan API yang diimplementasikan pada J2ME, seperti yang digunakan pada telepon selular, pager dan PDA. Perangkat tersebut sangat terbatas pada memori, sumber daya dan kemampuan memproses.

Spesifikasi CLDC pada J2ME adalah spesifikasi minimal dari package, kelas, dan sebagian fungsi JVM yang dikurangi agar dapat diimplemen-tasikan dengan keterbatasan sumber daya pada alat-alat tersebut. JVM yang digunakan disebut KVM (Kilobyte Virtual Machine).

CDC (Connected Device Configuration) merupakan komunitas proses pada Java yang memiliki standardisasi. CDC terdiri dari virtual machine dan library dasar untuk dipergunakan pada profile industri. Implementasi CDC pada J2ME adalah source code yang menyediakan sambungan dengan macam-macam platform. Perbandingan antara CLDC dengan CDC sebagai berikut :


MIDP (Mobile Information Device Profile) adalah spesifikasi untuk sebuah profil J2ME. MIDP memiliki lapisan di atas CLDC, API tam-bahan untuk daur hidup aplikasi, antarmuka, jaringan, dan penyimpan-an persisten.


Pada saat ini terdapat MIDP 1.0 dan MIDP 2.0, fitur tambahan pada MIDP 2.0 adalah terdapat API untuk multimedia, terdapat dukungan memainkan tone, tone sequence, dan file WAV walaupun tanpa adanya Mobile Media API (MMAPI).

KVM (Kilobyte Virtual Machine) adalah paket JVM yang dirancang untuk perangkat yang kecil. KVM mendukung sebagian dari fitur-fitur JVM, tidak mendukung operasi floating-point dan finalisasi objek. KVM diimplementasikan dengan menggunakan C, sehingga sangat mudah beradaptasi pada tipe platform yang berbeda

CVM (C-Virtual Machine) adalah paket JVM yang digunakan pada CDC. CVM mempunyai seluruh fitur-fitur dari virtual machine yang dirancang untuk perangkat yang memerlukan fitur-fitur Java 2 Virtual Machine.

MIDlet adalah aplikasi yang ditulis untuk MIDP. Aplikasi MIDlet adalah bagian dari kelas javax.microedition.midlet. MIDlet yang didefinisikan pada MIDP. MIDlet berupa sebuah kelas abstrak yang merupakan sub kelas dari bentuk dasar aplikasi sehingga antaramuka antara aplikasi J2ME dan aplikasi manajemen pada perangkat dapat terbentuk.

JAD (Java Application Descriptor) digunakan untuk mendeskripsikan isi aplikasi untuk keperluan pemetaan. File JAD bersisi deskripsi file JAR (Java Archive) dan pemetaan atribut MIDlet, sedangkan file JAR berisi kumpulan kelas dan resource.

OTA (Over The Air) mengacu pada beberapa teknologi jaringan tanpa kabel. Dengan menggunakan OTA, provider MIDlet dapat menginstal MIDlet pada web server dan menyediakan link untuk mengunduh via WAP atau internet microbrowser.

J2ME WTK (J2ME Wireless Tool Kit) adalah alat yang menyediakan lingkungan emulator, dokumentasi, beserta contoh-contoh aplikasi Java untuk perangkat kecil (small device). J2ME WTK berbasiskan pada CLDC dan MIDP. J2ME WTK adalah program yang meniru kerja ponsel yang mendukung MIDP atau yang biasa disebut emulator. Oleh karena itu, belum tentu MIDlet yang berjalan di emulator juga berjalan pada ponsel yang sebenarnya, karena juga tergantung pada kemampuan dan kapasitas ponsel yang digunakan.


Kembali ke Belajar Java.
Lanjut ke Instalasi Java.



Referensi: Materi pelajaran AP1B oleh Indra Purnama 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © - TeKaJe DotCom - Powered by Blogger - Designed by Tekaje Dotcom -